Doelkenyoet .. Go!! – Blog

Cuma Blog – Blog an

Slitaz

Linux yang kecil, ringan, cepat, mudah dan simpel

Sebagai pengguna linux sejak tahun 1999 telah banyak distro yang saya pakai. Mulai dari yang susah, mudah, sederhana sampai yang live CD pernah saya coba. Menjadi pengguna slackware saya jalan hampir 7 tahun. Dan 2 tahun terakhir menjadi pengguna ubuntu.
Alasan menggunakan slackware (dan turunannya) dikarenakan kesederhanaanya. Menggunakan ubuntu dikarenakan kemudahannya. Tidak dipusingkan masalah dependensi. Menggunakan slax, DSL, dan distro kecil lainnya disebabkan karena kecil dan ringan. Tapi selalu ada yang kurang. Inginnya menggabungkan semua kelebihan-kelebihan itu.
Pernah saya membuat sendiri distro berbasiskan ubuntu mini yang 10MB itu. Dengan Window Manager LXDE dan membuang paket-paket yang tidak perlu. Namun tetap saja tidak puas. Belum mengena seperti yang saya harapkan. Karena masih terlalu besar dan kurang stabil.
Beralih mengkostumasi slax agar seperti yang saya inginkan. Sekali lagi mengganti KDE dengan LXDE, tapi masalahnya juga sama. Kurang stabil. Dan ukuran slax masih terlalu besar.
Tanggal 2 oktober 2008, saat santai coba-coba browsing ke google ketemu dengan satu distro dengan nama Slitaz. Made in prancis. Dari situ meluncur ke situsnya. Baca-baca sedikit overviewnya dalam bahasa inggris. Ok, yang ini harus saya coba. Akhirnya download dengan kecepatan 2kbps. Selesai setelah 5 jam untuk ukuran 29MB. Selanjutnya membakarnya ke dalam cakram dan mencobanya.
Kesan pertama saya sangat terkesan dengan distro yang satu ini. Semua yang saya harapkan ada didalamnya. Kesederhanaan slackware, kemudahan ubuntu, kecil, ringan, cepat, live cd, bisa diinstal di HD. Dan untuk newbie, saya kira distro ini cocok sebagai pengenalan. Dan untuk yang sudah expert bisa untuk ngoprek. Rekomendasi saya, anda harus coba distro yang satu ini.
Selanjutnya saya ingin ngoprek slitaz. Untuk sekarang sudah saya tanamkan office, webserver+php+cgi+mysql, image editor. Dan jangan kaget ukurannya masih 30MB.
http://www.slitaz.org/en/get/

Filed under: ..........LinuXisasi.........

Leave a comment